1. Program
Mingguan
A. Pengertian program mingguan
Program mingguan adalah
rencana kegiatan selama satu minggu Untuk membantu kemajuan balajar peserta
didik, di samping modul penting dikembangkan program mingguan. Program ini
merupakan penjabaran program dari pogram semester dan program modul. Memalui
program ini dapat diketahui tujuan-tujuan yang telah dicapai dan yang perlu
diulang, bagi setiap peserta didik. Melalui program ini juga diidenfikasikan
kemajuan belajar setiap peserta didik, modul yang dikerjakan, dan peserta didik
yang memiliki kecepatan belajar di atas rata-rata kelas. Bagi peserta didik
yang cepat bisa diberikan pengayaan, sedangkan bagi yang lambat dilakukan
pengulangan modul untuk mencapai dengan menggunakan waktu cadangan.
B. Contoh Program Mingguan
Waktu
|
Adminintrasi Kantor
|
Teknis Edukatif
|
1
|
2
|
3
|
Awal Minggu
|
Kependidikan.
Pengawasan
dan pengendalian terhadap jalan proses kegiatan selama sepekan sebelumnya:
a) Pemeriksaan halaman sekolah dan
memberikan petunjuk usaha kebersihan dan keindahan sekolah.
b) Penelitian surat-surat yang
belum terselesaikan.
c) Memperhatikan kebersihan
kerapihan lemari, arsip dan meja kerja.
d) Meneliti administrasi kantor.
e) Meneliti keadaan sarana/ prasarana.
f) Mengatasi yang belum tertanggulangi pada minggu yang lalu.
|
a) Guru, membahas jalannya pelajaran Pada minggu
yang baru berjalan, termasuk kegiatan BP/BK.
b) Memeriksa Proker dan administrasi guru lainnya/ administrasi kls.
c) Mengatasi kesulitan yang belum terpecahkan
|
Akhir Minggu
|
a)
Menyampaikan pesan agar sarana administrasi termasuk alat- alat tulis disimpan dengan
baik-karena hari minggunya tidak ada kegiatan.
b)
Agar pekerjaan administrasi yang belum
terselesaikan disimpan baik- baik untuk dilanjutkan minggu
berikutnya.
|
a) Menyampaikan pesan agar ekstra kurikuler, antara lain Pramuka, PMR dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu.
b) Bersama- sama dengan koordinator BP/BK dan guru-
guru BP/ BK membahas pelaksanaan kegiatan BP/ BK.
|
2. Program Bulanan
A.
Pengertian Program Bulanan
Program bulanan adalah rencana
pembelajaran dalam kurun waktu satu bulan di mulai dari tanggal awal hingga sampai
akhir tanggal.
B.
Contoh program bulanan.
Waktu
|
Administrasi
kantor
|
Teknis
edukatif
|
1
|
2
|
3
|
Awal
Bulan
|
BULAN :
a) Rencana belanja bulanan dana pegawai.
b) Rencana keperluan kantor dan pelajaran.
c) Gaji pegawai.
d) Laporan Bulanan.
|
a) Laporan mingguan serta catatan guru.
b) Kumpulan soal-soal ulangan.
c) Daftar nilai murid.
d) Program kerja guru bulan berikut nya.
|
Akhir Bulan
|
Pemeriksaan penutupan Buku Kas Pertanggung jawaban keuangan.
a) Belanja lainnya.
b) Kesejahteraan Pegawai.
|
Memberi catatan
kepada guru tentang :
a)
Murid yang harus
mendapat perhatian.
b)
Kasus yang perlu
diketahui dan mungkin untuk segera diatasi.
c)
Termasuk kegiatan BP/BK.
d)
Pembinaan aktivitas OSIS.
e)
Kegiatan UKS
f)
Kegiatan Pramuka.
g)
Kegiatan Kesenian.
h)
Kegiatan Olah
Raga. Dsb.
|
3. Program Tahunan
A. Pengertian Program Tahunan
Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat
yang menjelaskan tentang pengertian tersebut. Program tahunan adalah rencana
penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah
ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar
yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. Penentuan
alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur
kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas , berisi tentang garis-garis besar yang hendak
dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang
bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum
tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran
berikutnya, antara lain program semester, mingguan dan harian serta pembuatan
silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi
identifikasi(satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran) standar
kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan.
B. Langkah Penyusunan Program tahunan
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan
adalah sebagai berikut :
Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu
dan struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis
berapa minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkan dalam
gambar alokasi waktu efektif Melalaui analisis tersebut kita dapat
menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanan proses
pembelajaran.
Sumber-sumber yang dapat dijadikan bahan pengembangan
program tahunan antara lain :
a. Daftar Standard Kompetensi sebagai konsensus nasional
yang dikembangkan dalam buku Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)setiap
mata pelajaran yang akan dikembangkan.
b. Skope dan Sekuensi setiap Kompetensi untuk mencapai
tujuan pembelajaran diperlukan materi pembelajaran, materi pembelajara tersebut
disusun dalam pokok-pokok pembahasan yang mengandung ide-ide pokok yang sesuai
kompetensi dan tujuan pembelajaran .Skope adalah ruanglingkupdan
batasan-batasan keluasan setiap pokok dan sub pokok bahasan sedangkan
Sekuesi adalah urutan logis daripokok dan sub pokok bahasan. Pengembangan skope
dan skuensi ini bias dilakukan oleh masing – masing guru mata pelajaran, dan
dapat dikembangkan dalam kelompok kerja guru ( KKG ) untuk setiap mata
pelajaran.
c. Kalender pendidikan penyusunan kalender pendidikan
selama satu tahun pelajaran mengacu pada efesiensi, efektifitas dan hak-hak
peserta didik.
C. Contoh Program Tahunan
Waktu
|
Administrasi
kantor
|
Teknis
Edukatif
|
Awal Semester I
|
SEMESTERAN :
a) Pengecatan tembok.
b) Penambalan tembok/ lantai yg bolong-bolong.
c) Pembelian alat- alat kantor dan keperluan pelajaran.
d) Perbaikan pagar.
e) Pengisian buku induk
untuk data kelas VII dan nilai Rapor kelas VIII/IX.
f) Pengisian papan data
yang baru antara lain keadaan guru/staf TU, keadaan murid, organisasi sekolah
dan kalender pendidikan.
h
|
a) Rapat tahun ajaran antara lain : membahas pembagian tugas
mengajar, peningkatan pengetahuan dan pelaksanaan KBM penyusunan
promes dan Prota, Silabus, KKM
b) Penyerahan Perangkat
pembelajaran, format untuk silabus dan RPP
c) Membahas program BP/BK serta melaksanakannya.
|
Akhir Semester I
|
a) Penyiapan sarana untuk ulangan
umum semester I
b) Menyiapkan surat laporan hasil
ulangan umum semester I
c) Konsultasi ke Kandinas tentang
kebutuhan blanko rapor untuk kelas VII.
d) Pengecekan administrasi
perkantoran.
|
a) Menyiapkan kisi- kisi soal
untuk ulangan umum semester I.
b) Menyiapkan naskah soal ulangan umum semester I serta perbanyak soal.
c) Pelaksanaan dan laporan hasil ulangan umum semester I.
d) Rumus Nilai rapor kls VII, VIII, IX.
|
Awal Semester II
|
a) Menyiapkan sarana untuk kegiatan
Semester II.
b) Menyiapkan prasarana untuk
supervisi/kunjungan kelas.
c) Memonitoring pembelian alat-
alat dan keperluan pelajaran.
d) Pengecekan administrasi
perkantoran.
e) Pengecekan Barang Inventaris.
|
a) Mengadakan konsultasi dengan orang tua murid yang prestasi belajarnya tidak
memuaskan.
b) Persiapan & pelaksanaan
ulangan harian.
c) Membahas daya serap dan
pencapaian target kurikulum.
d) Pengisian rapor
e) Pembagian rapor melalui
orang tua murid.
f) Rapat akhir semester II.
g) Membahas strategis
untuk pencapaian target kurikulum & pengayaan bidang studi
yg di UAS/UN.
h) Pelaksanaan pemantapan & pengayaan pelajaran
kelas IX.
|
Akhir Semester II
|
a) Stook opname termasuk gudang inventaris peralatan.
b) Menyiapkan pengumuman kelulusan dan undangan kepada orangtua murid untuk mengambil
rapor kenaikan kelas.
c) Laporan kegiatan akhir tahun.
d) Mengarsipkan dokumen UAS/UN, antara lain bekas soal US/UN,
Foto copy UN, foto copy Ijazah, album siswa Dan daftar penyerahan
Ijazah.
e) e. Menyiapkan rencana anggaran
f) pendapatan
g) belanja sekolah
h) f. Mengisi buku induk siswa.
|
a) Rapat perencanaan kegiatan
KBM dan UN.
b) Pengolahan nilai US/UN untuk kelulusan siswa.
c) Mengolah nilai rapor kenaikan
kls / kelulusan kelas IX.
d) Rapat kelulusan dan kenaikan
kls.
e) Pengisian rapor oleh wali kelas dan Ijazah oleh guru yang ditunjuk khusus untuk itu.
f) Penyerahan Ijazah dan Rapor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar