Untuk mengenali beberapa ciri media pembelajaran Gerlach & Ely (1971)
mengemukakan tiga ciri-ciri media yang merupakan alasan mengapa media
digunakan.
Yaitu :
3.1 Ciri fiksatif (fixative
property).
Ciri fiksatif
yaitu menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan mengkonstruksi
suatu peristiwa atau objek. Cara ini amat penting bagi guru karena
kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format
media yang ada dapat digunakan setiap saat. Media yang dikembangkan
seperti photography, video tape, audio tape, disket komputer,
dan film. Misalnya seperti peristiwa-peristiwa bersejarah yang
terjadi di suatu negara. Siswa dapat mepelajari bagaimana peristiwa atau
kejadian-kejadian itu melalui rekaman video dokumentasi, dan foto-foto.
Objek-objek biotik ataupun abiotik yang unik dan harus dipelajari oleh siswa
dapat dihadirkan dengan gampang diruang kelas dengan rekaman video atau foto. Maka media ini memungkinkan suatu rekaman kejadian yang terjadi pada satu
waktu tertentu dapat ditransportasikan tanpa mengenal waktu. Teknologi telah menjadikan media
pembelajaran mempunyai peranan yang amat penting untuk memberikan pemahaman
akan suatu peristiwa atau objek bagi siswa.
3.2
Ciri manipulatif (manipulatif property).
Ciri manipulatif yaitu Transpormasi suatu kejadian atau objek
dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif.
Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada peserta didik
dalam waktu 2 (dua) menit sampai 15 (lima belas) menit dengan teknik
pengambilan gambar atau time - lapse
recording.
Misalnya
seperti, siswa dapat
mempelajari bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan embrio di dalam
kandungan ibu hanya dalam waktu 10 sampai 15 menit. Proses ini aslinya
berlangsung selama 9 bulan di dalam tubuh ibu. Dengan bantuan teknologi khusus
dan proses perekaman yang kemudian dilakukan manipulasi, waktu dapat
dipersingkat dengan mempercepat dengan hanya menampilkan kejadian-kejadian
penting saja. Selain itu, bahkan proses dapat diputar balik dan diulang-ulang.
Kejadian yang berlangsung cepat juga dapat diperlambat. Contoh lain seperti proses larva
menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik
rekaman fotografer di samping itu juga dapat diperlambat menayangkan kembali
hasil rekaman video.
Kemampuan media
dari ciri manipulatif memerlukan perhatian sungguh-sungguh
karena apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau
potongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiran
yang tentu saja akan membingungkan dan bahkan menyesatkan sehingga dapat
mengubah sikap mereka kearah yang tidak diinginkan.
3.3 Ciri distributif (distributive
property).
Ciri distributif
yaitu dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditranspormasikan
melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta
didik dengan stimulas pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini.
Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi
seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau
digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat.
Misalnya seperti Kejadian di daerah-daerah yang sulit
atau bahkan tidak mungkin dikunjungi oleh siswa dapat dihadirkan di ruang kelas
mereka tanpa memerlukan banyak usaha keras. Penggunaan internet atau perangkat
penyimpan data seperti flashdisk, CD, dan sebagainya memudahkan bahan-bahan
pembelajaran tersebut didistribusikan. Konsistensi informasi yang terdapat
didalamnya akan selalu terjaga sebagaimana aslinya.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajawali Pers, Hal 12.
Sundayana, Rustina. 2013. Media Pembelajaran. Bandung : ALFABETA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar